Kumpulan Custom Rom Terbaik Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

Rom Terbaik Redmi 4X
Koleksi Lengkap Rom Redmi 4X
Smartphone buatan Xiaomi memang terkenal dengan harganya yang murah namun memiliki spesifikasinya yang gahar. Tak heran jika pengguna smartphone merek Xiaomi sangat menjamur khususnya di Asia.

Salah satu smartphone buatan Xiaomi yang memiliki harga murah namun memiliki spesifikasi yang tinggi adalah Xiaomi Redmi 4X. Dengan Harga baru sekitar 1.6 juta - 1.7 juta, Xiaomi redmi 4X sudah memiliki Ram 3GB, memory internal 32 GB yang mana hal tersebut tergolong sangat murah untuk smartphone masa kini.

Itulah alasan mengapa Xiaomi Redmi 4X termasuk dalam ponsel Xiaomi yang memiliki banyak peminat. Pengembang serta komunitasnya pun banyak, sehingga banyak sekali Custom Rom yang tersedia untuk Xiaomi Redmi 4X ini. Berikut ini telah kita pilihkan 5 Custom Rom terbaik untuk Xiaomi Redmi 4X.

1. AOSP Extended (AEX) Official
AEX merupakan salah satu custom rom terbaik untuk Xiaomi Redmi 4X. Custom rom AEX ini menggunakan sistem dasar AOSP yang telah dimodifikasi dengan penambahan fitur - fitur canggih yang tidak dimiliki pada stock rom.

Untuk versi terbaru dari Rom AEX redmi 4X ini adalah AEX 6.1. yang mana telah mendapat banyak perbaikan dari berbagai bug dan telah menggunakan sistem operasi Pie (trebel).

Download Rom AEX Official Xiaomi Redmi 4X (Pie)

2. Resurrection Remix (RR) Official
Resurrection Remix atau yang biasa disebut dengan Rom RR merupakan rom yang dibangun dari gabungan rom Omni, LineageOS maupun Slim. Resurrection Remix juga telah menggunakan sistem operasi Oreo (trebel).

Banyak sekali fitur - fitur menarik yang ada dalam rom RR ini, seperti MIUI Camera, One Plus Gallery dan Juga mendukung Custom Kernel.

Download Rom Resurrection Remix Redmi 4X (Oreo)

3. LineageOS Official
LineageOS merupakan salah satu rom yang paling terkenal di dunia. Hal ini mungkin dipengaruhi karena LineageOS merupakan penerus dari CyanogenMod (CM) yang kini dijadikan sebagai sistem dasar pada smartphone Oneplus dan YU.

Sama seperti rom AEX, LineageOS juga menggunakan sistem dasar AOSP namun memiliki desain yang minimalis tanpa banyak perubahan dari stock sistem android. LineageOS telah menggunakan sistem operasi Oreo (trebel).

Download LineageOS Redmi 4X (Oreo)

Download LineageOS Redmi 4X (Pie) (New)

Catatan : LineageOS 15.1 (Oreo) sudah tidak tersedia.


4. Pixel Experience Official & Unofficial
Pixel Experience merupakan rom Xiaomi Redmi 4X yang memiliki tampilan sama persis dengan smartphone buatan Google yakni Google Pixel.

Tak cuma penampilannya saja yang mirip, font, launcher, rongtone bahkan bootanimationya saja di buat sangat mirip dengan smartphone Google Pixel. Kerennya lagi Rom Pixel Experience ini telah mengusung sistem operasi android Pie yang dikenal dengan ketahanan battrainya.

Download Rom Pixel Experience Redmi 4X

Catatan : Rom ini tidak memerlukan GAPPS karena romnya sudah termasuk GAPPS. Jadi tinggal flash seperti biasa.

5. DotOS Official
DotOS merupakan salah satu rom terbaik untuk Xiaomi Redmi 4X. Meskipun menggunakan sistem dasar AOSP seperti Rom AEX ataupun LineageOS namun DotOS memiliki banyak sekali modifikasi yang lebih kompleks. Uniknya lagi, meskipun masih menggunakan sistem operasi Oreo, namun tampilan (UI) Rom DotOS ini dibuat mirip sistem operasi Pie.

Download Rom DotOS Redmi 4X Official (Oreo)

6. AOSIP Derpfest
Salah satu varian menarik custom rom base AOSP untuk ponsel Redmi 4X adalah rom AOSIP Derpfest. Seperti namanya, Rom AOSIP (Android Open Source Illusion Project) merupakan custom rom berbasis AOSP yang telah dimodifikasi supaya cocok dan stabil untuk dipasang di smartphone Redmi 4X. Project AOSIP Derpfest pada ponsel Redmi 4X dipegang oleh dev Bikram_M, yang mana beliau merupakan salah satu dev senior khususnya pada ponsel Redmi 4X.

Download Rom AOSIP Derpfest
7. Pixel Experience Plus Edition
Lagi  lagi tangan dingin dev Bikram_M berhasil menelurkan sebuah custom rom baru yang dinamai rom Pixel Experience Plus Edition. Rom ini merupakan modifikasi dari Rom Pixel Experience Official yang telah dijejali berbagai fitur menarik guna meningkatkan pengalaman pengguna Redmi 4X.

Download Rom Pixel Experience Plus Edition Redmi 4X

8. Rom Bliss Official Redmi 4X
Rom Bliss merupakan salah satu dari sekian banyak varian custom rom base AOSP untuk Redmi 4X. Namun bliss rom memiliki ciri khas tersendiri, dimana sesuai namanya rom ini dipastikan akan membuat penggunanya "bahagia"

"Bliss : Bahagia"

Download Rom Bliss Official Redmi 4X


9. Rom Syberian OS Redmi 4X
Yang satu ini mungkin sudah pada kenal kan ya, SyberianOS merupakan custom rom berbasis AOSP yang telah ditingkatkan ahasil rom SyberianOS ini menjadi salah satu rom yang memiliki performa dan stabilitas yang bagus.

Download Rom SyberianOS Redmi 4X

Catatan : Pilih salah satu sesuai selera, mau yang Official atau Unofficial.

10. Rom Carbon MSM Kernel 4.9 Redmi 4X
Carbon MSM merupakan custom rom varian baru yang sepatutnya dicoba oleh sobat upreker Santoni. Kenapa demikian ? Rom Carbon MSM ini dibuild menggunakan kernel 4.9 yang disebut - sebut jauh lebih stabil dibanding kernel versi 3.18. Untuk lebih lengkapnya silahkan dicoba langsung romnya!

Download Rom Carbon MSM Redmi 4X


11. Rom POSP (Potato Open Source Project) Redmi 4X
Satu lagi rom pendatang baru yang namanya langsung melejit dan memiliki banyak user yaitu POSP. POSP atau kependekan dari Potato Open Source Project merupakan custom rom berbasis AOSP yang dikhususkan untuk smartphone - smartphone Potato alias kentang. Apa itu smartphone Kentang ? Smartphone kentang merupakan sebutan untuk ponsel Android dengan spek yang rendah (Mid-End).

Download Rom POSP Redmi 4X


12. Rom Evolution X Redmi 4X

Evolution X merupakan rom base AOSP yang memiliki buanyak sekali opsi customisasi serta fitur sehingga kita tidak perlu pasang tweak atau aplikasi tambahan untuk mencustom tampilan serta performa dari rom ini. Evolutin X juga mengutamakan performa sehingga kita tidak perlu lagi gonta ganti custom kernel guna mendapat performa yang maksimal.

Download Rom Evolution X Redmi 4X


Cara Install Custom Rom Trebel/Non Trebel Redmi 4X via TWRP
  1. Pastikan kalian telah menggunakan TWRP yang support rom Trebel / Non-Trebel ( Rekomendasi gunakan TWRP Orange Fox terbaru untuk Redmi 4X). Jika belum maka kalian bisa download disini.
  2. Lakukan Backup data - data penting dan juga rom yang saat ini kalian gunakan lewat TWRP. Kemudian pindahkan ke laptop/memory eksternal ( buat jaga - jaga ).
  3. Reboot ke TWRP kemudian pilih Wipe » Advance Wipe » pilih dan centang Dalvik Cache, System, Data, Cache.
  4. Jika sudah di wipe, maka langsung saja install custom rom yang kalian inginkan.
  5. Setelah itu, install GAPPS sesuai rom yang kalian pakai. Kecuali rom Pixel Experience tidak usah install GAPPS lagi.
  6. Jika semua proses telah selesai, reboot system.
  7. Selamat, kini kalian telah menggunakan Custom Rom yang pastinya bakalan bikin smartphone kalian jadi makin mantap.

Catatan : Apabila terjadi enkripsi data setelah proses install rom trebel (Memory tidak terbaca di TWRP). Kita bisa mengatasinya dengan reboot ke TWRP kemudian Wipe > Wipe Data, kemudian konfirmasi dengan mengetik "Yes".
Itulah Kumpulan Rom Terbaik untuk Xiaomi Redmi 4X. Jika kalian bertanya manakah rom yang paling baik dari pilihan di atas, semua tergantung selera kalian masing - masing. Apabila kalian ingin rom dengan sistem operasi paling tinggi saat ini yakni Pie, kalian bisa memilih Rom Pixel Experience.

Apabila kalian ingin rom dengan sistem operasi Oreo dengan tampilan yang keren dan penuh fitur canggih kalian bisa pilih Rom DotOS atau RR. Atau jika ingin rom dengan tampilan simpel dan ringan, bisa gunakan Rom AEX atau LineageOS. Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat..