Gcam Pixel 3 untuk Semua Android! Support Night Sight Mode!

Google camera pixel 3 mode malam

Apakabar sobat ?
Jumpa lagi dengan kami portal media masakini yang membahas tentang system operasi Android terbaru, terupdate dan terpercaya!
Dari banyak aplikasi kamera yang tersedia untuk smartphone Android, semuanya menjanjikan bisa menghasilkan gambar yang jernih, tajam dan bagus. Namun faktanya, sebagian besar aplikasi kamera yang tersedia di Playstore hanya memberi filter pada foto kita, tidak benar - benar bisa meningkatkan kualitas serta ketajaman foto pada smartphone Android kita.

Lantas apa benar jika ingin punya smartphone dengan kualitas kamera yang bagus harus beli ponsel mahal ???

Kalo menurut saya sih nggak juga kok, ponsel dengan harga 1 jutaan seperti Redmi 4X dan Redmi Note 4 saya ini buktinya bisa menghasilkan gambar yang sangat bagus dan jernih, bahkan saya berani bilang sudah setara DSLR!!! Karena ada bokeh bokehnya dan bisa ambil foto di tempat gelap !!!

Kok bisa ? Gimana caranya ?

Ponsel harga jutaan juga bisa lho memiliki kualitas gambar yang sangat bagus dan gak kalah dari ponsel harga 3-4 jutaan. Hal ini berkat bantuan aplikasi Gcam Pixel 3 atau kependekan Google Camera.

Lah pakai kamera pihak ke-3 ? Katanya kebanyakan aplikasi camera cuma ngasih filter doang ??


Review GCam Pixel 3

Gcam ini beda dengan aplikasi camera pihak ketiga yang tersedia di Playstore ataupun di internet lainnya. Gcam atau Google Camera ini merupakan modifikasi dari aplikasi kamera milik smartphone Pixel 3.

Buat yang belum tahu, Pixel 3 merupakan ponsel buatan Google yang memiliki banyak sekali keunggulan. Smartphone ini memiliki akses eksklusif ke aplikasi khusus Pixel yang mutakhir dan dibekali kecerdasan buatan (AI). Dari segi hardware juga sangat terjamin karena Pixel merupakan ponsel berkelas dan mahal.

Nah, salah satu fitur unggulan dari smartphone Pixel 3 yaitu pada kameranya yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi meski hanya memiliki sensor kamera tunggal.

Ternyata rahasianya terdapat pada aplikasi cameranya yang bernama Google Camera 6.1. Dimana, meskipun smartphone Pixel 3 hanya memiliki sensor tunggal namun bisa menghasilkan foto dengan background blur (bokeh), super reszoom dan masih banyak lagi fitur canggih yang dimiliki aplikasi Gcam tersebut.

Hal tersebut tentunya mengundang ketertarikan para pengembang pihak ke-3 supaya smartphone mereka juga bisa menggunakan Google Camera Pixel 3 tersebut, dan akhirnya para pengembang berlomba - lomba melakukan modifikasi hingga terciptalah aplikasi camera Google Pixel 3 yang bisa digunakan hampir semua smartphone Android dan kemudian dikenal dengan nama Gcam Pixel 3.

Kenapa saya bilang "hampir semua smartphone Android" ?

Karena syarat utama untuk bisa memasang aplikasi Gcam Pixel 3 ini, kita harus menggunakan system operasi Android minimal Oreo (8.1). Jadi buat yang masih menggunakan smartphone Android dengan OS Marsmallow atau Nougat belum bisa menggunakan aplikasi Gcam Pixel 3 ini.

Banyak sekali fitur - fitur menarik yang akan kita dapatkan setelah menginstall Gcam Pixel 3 ini, diantaranya :

1. Night Sight Mode (Mode Malam)

Hasil kamera Gcam Pixel 3

Night Sight merupakan salah satu fitur Eksklusif yang hanya dimiliki oleh aplikasi camera Pixel generasi ke 3 atau Pixel 3. Dimana, saat kita menggunakan fitur Night Sight ini, kita bisa mengambil gambar pada malam hari atau ditempat yang gelap tanpa bantuan lampu flash. Contonya bisa kita lihat di bawah ini,

Terlihat kan mana yang lebih bagus ? Hasil kamera Gcam Pixel 3 mampu mengalahkan hasil kamera milik iPhone XS. Dan itu bisa kita miliki hanya dengan menginstall aplikasi Gcam Pixel 3 ini !!!

2. Photobooth

Satu lagi nih fitur andalan yang terdapat pada Gcam Pixel 3 ini, yaitu Photobooth.
Sedikit informasi, fitur Photobooth pertama kali diperkenalkan pada peranti Google Clips yang diluncurkan pada 2017. Cara kerja fitur Photobooth pada Gcam Pixel 3 yaitu camera akan otomatis mengambil gambar ketika pengguna tersenyum, menjulurkan lidah, dan lain-lain layaknya pose ketika di dalam photobooth. Hal ini karena aplikasi Gcam telah dibekali kecerdasan buatan, sehingga kamera akan mendeteksi secara otomatis dan mengambil foto pada momen momen yang tepat.

3. Super Res Zoom

Sekali lagi machine learning alias kecerdasan buatan dipergunakan pada fitur Gcam Pixel 3 ini. Super Res Zoom merupakan kemampuan Gcam untuk menangkap detail ekstra ketika melakukan zooming pada objek/gambar dengan cara memanfaatkan getaran tangan ketika memegang smartphone.

Sebagai tambahan informasi, teknologi fotografi komputasional ini awalnya hanya dipergunakan di bidang astronomi dan foto saintifik. Woow sangat mengejutkan bukan !?

4. Portrait Mode

Kata siapa bikin foto dengan background blur alias bokeh cuma bisa pakai DSLR atau smartphone mahal yang punya 2 kamera ?Dengan fitur Portrait mode pada Gcam Pixel 3 ini, kita bisa bikin foto dengan background blur baik itu memakai camera depan atau kamera belakang. Oh iya, hasil gambar juga akan ada dua, yang satu foto tanpa background blur dan yang satunya foto dengan background blur. Mantul pokoknya!

5. Photo Sphere

Photo Sphere merupakan fitur canggih yang memungkinkan kita untuk membuat gambar/foto 360°. Bukan 360° kayak kamera cantik yang ada di Playstore ya! Tapi kita benar - benar bisa mengambil gambar dengan sudut 360° hanya dengan 1 kamera! Pokoknya wajib dicoba!

6. HDR & HDR+


GCam HDR+

Kalo yang satu ini hampir semua kamera bawaan smartphone keluaran terbaru sudah ada fitur HDR. Tapi, hasil gambar HDR dari Gcam sangat tajam dan jernih.

7. Slow Motion & 4K Recorder

Selain mantul buat jepret - jepret gambar. Gcam Pixel 3 juga mempuni dalam urusan video. Dengan menggunakan Gcam Pixel 3 kita bisa membuat video Slow Motion dan juga bisa merekan video dengan resolusi 4K, kualitas video yang di hasilkan pun juga sangat bagus.

Masih banyak lagi fitur - fitur canggih yang dimiliki aplikasi Gcam Pixel 3 ini. Namun, tak semua fitur Google Camera Pixel 3 bisa dijalankan dan dimiliki pada aplikasi Gcam Pixel 3, karena beberapa fitur Eksklusif Camera Pixel 3 membutuhkan Pixel Visul Core. Tapi jangan kuatir, untuk fitur - fitur yang sudah kita sebutkan di atas bisa berjalan dengan lancar kok, asal device dan hardware kita sudah mendukung.

Syarat Install Gcam Pixel 3
  • Smartphone Android kita telah menggunakan OS minimal Oreo (Pie lebih recomend, buat yang masih menggunakan OS Nougat bisa upgrade dulu romnya atau pake custom rom Oreo atau Pie.
  • Sudah mengaktifkan Camera2API. Buat yang belum bisa baca 3 Cara Mengaktifkan Camera2 API. Untuk smartphone yang telah menggunakan Snapdragon 845 sudah mendukung Camera2Api secara default.

Langkah - Langkah Install Gcam Pixel 3
  1. Download Gcam Pixel 3 sesuai selera kita.
  2. Install seperti menginstall aplikasi pada umumnya.
  3. Done.
  4. Selamat menikmati segudang fitur canggih Gcam Pixel 3.

Gcam Pixel 3 memiliki banyak sekali pengembang dan juga versinya, pilih salat satu sesuai smartphone yang kita gunakan.


Download File











Update 1 !!!
Pada update kali ini, saya ingin share kumpulan Config GCam Mod Official dari dev GCam Mod yaitu dev Arnova's dan Xtreme's :

Update 2 !!!
Ada yang baru lagi nih temen - temen, berhubung smartphone Pixel baru saja melakukan update system yang mana pada update tersebut terdapat pembaruan versi Google Camera versi 7 yang memiliki performa, kestabilan serta hasil foto yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Tak perlu menunggu waktu lama, para dev GCam Mod langsung melakukan modifikasi pada GCam 7 supaya bisa dipakai di smartphone - smartphone non Pixel.

Download GCam Mod 7


Catatan : GCam Mod 7 membutuhkan aplikasi tambahan Google Photo (link ada dibawah)

Cara Memasang/Menggunakan Config.xml pada Gcam Mod
  1. Setelah kita menginstall Gcam Pixel 3 langsung saja kita buat folder GCam/Configs/.
  2. Taruh file Config.xml di dalam folder /GCam/Configs/Config.xml
  3. Setelah itu, buka aplikasi Gcam Pixel 3.
  4. Klik 2 kali pada area berwarna hitam dekat tombol jepret kamera.
  5. Akan muncul pilihan Config untuk kita gunakan.
  6. Nama config juga tidak harus Config.xml bisa di ubah sesuai keinginan kita, yang penting tetap berekstensi .xml

Untuk yang dibelakangnya ada nama devicenya bukan berarti khusus untuk smartphone itu saja. Tapi lebih direkomendasikan karena sudah di test oleh developmernya.

Jika nama smartphone kita tidak tercantum dalam daftar, gunakan yang buatan developmer Arnova, Tolyan009 atau Xtreme saja.

Untuk Mengaktifkan fitur Top Shot Mode silahkan install 2 aplikasi tambahan di bawah ini :


Download File


Apa itu fitur Top Shot Mode ?


Fitur top shot mode

Ini merupakan fitur canggih yang akan mengambil foto sebelum dan sesudah momen. Dan ketika kita menekan tombol potret virtual. Puluhan foto akan tersaji dan bisa di pilih yang terbaik sesuai keinginan kita.

Catatan : Tidak semua fitur akan berjalan dengan lancar, beberapa akan mengalami force close. Hal ini disebabkan karena hardware smartphone kita yang belum mendukung. Contonya di smartphone Redmi 4X saya Gcam Pixel 3 tidak bisa untuk merekam video. Usahakan untuk menggunakan rom Pie supaya Gcam Pixel 3 bisa berjalan lebih maksimal.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang Aplikasi Kamera Gcam Pixel 3 ini.Sekali lagi saya memohon kebaikan hati para pengunjung untuk bookmark blog ini, supaya saya makin semangat dan bisa terus update tips & trik modifikasi Android terbaru setiap hari. Sekian dari kami, Share jika bermanfaat..

Post a Comment for "Gcam Pixel 3 untuk Semua Android! Support Night Sight Mode!"