Google Camera [Gcam] untuk Android Nougat Keatas

Apakabar sobat Adrootid ? Kembali lagi bersama kami, portal media kekinian yang membahas semua tentang system operasi Android pada smartphone.


Google Camera for Android Nougat

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Gcam atau Google Camera yang support untuk smartphone android yang masih menggunakan OS Nougat. Oh iya, gcam ini juga bisa digunakan pada smartphone yang menggunakan OS diatasnya seperti Oreo ataupun Pie, namun untuk OS di bawah Nougat seperti Marsmallow ataupun Lolipop belum bisa menggunakan aplikasi camera canggih ini.

Apa sih Gcam / Google Camera itu ???

Gcam atau kependekan dari Google Camera merupakan aplikasi camera eksklusif yang dimiliki smartphone buatan Google yang dinamai Pixel. Namun karena kecanggihan yang dimiliki pada aplikasi Google Camera ini, banyak developmer underground melakukan porting pada aplikasi Gcam ini sehingga aplikasi camera eksklusif milik Pixel tersebut kini bisa juga dinikmati hampir di semua smartphone android, dengan catatan minimal telah menggunakan System Operasi Android Nougat. Selain itu kita juga perlu mengaktifkan Camera2 Api pada smartphone supaya fitur - fitur canggih pada Gcam bisa digunakan.



Versi dari Gcam juga sangat bervariasi, banyak sekali pengembang yang rutin melakukan update pada aplikasi guna meminimalisir bug serta peningkatan performa pada aplikasi google camera. Namun yang akan kita bagikan serta bahas kali ini yaitu Gcam hasil portingan developmer Arnova. Yang menurut kami ini merupakan Gcam yang cukup stabil dibanding versi lainnya. Fitur - fiturnya juga bekerja dengan baik, berikut fitur yang dimiliki Gcam Arnova ini :
  • Support Mode Portrait
  • Support Panorama
  • Support HDR dan HDR+
  • Support Photo Sphere
  • Support Slow Motion


Oke, buat yang sudah tidak sabar dan ingin langsug mencobanya bisa langsung unduh aplikasi google camera [Gcam] di bawah ini :


Download File


Syarat Pasang Gcam
  1. Pastikan Camera2 Api pada android kita telah aktif. Jika belum, kita bisa baca dulu tutorial 3 Cara Mengaktifkan Camera2 Api.
  2. Untuk Smartphone Redmi 4X yang menggunakan Rom MIUI 10 cara aktifkan Camera2 Apinya bisa baca Cara Mengaktifkan Camera2 Api di Redmi 4X Rom MIUI 10.

Download GCam Android Nougat

Catatan  : Untuk pengguna Rom MIUI biasanya camera bawaan akan eror setelah kita mengaktifkan Camera2 Api. Solusinya bisa baca Cara Fix Kamera MIUI Stelah Aktifkan Camera2 Api.

Jika syarat diatas telah terpenuhi, silahkan Install Aplikasi Gcam yang telah kita download seperti menginstall aplikasi pada umumnya. Setelah itu, buka dan setting terlebih dahulu sebelum digunakan. Untuk cara settingannya bisa disesuaikan sesuai selera masing - masing.

Contoh Settingan :


Contoh Settingan GCam Android Nougat 1

Contoh Settingan GCam Android Nougat 3

Contoh Settingan GCam Android Nougat 5

Tutorial serta aplikasi Gcam ini telah kita uji dan berhasi 100% aman tanpa bug pada smartphone Xiaomi Redmi 4X dengan Rom MIUI 9. Aplikasi Gcam ini pastinya juga support untuk device lain maupun Rom lain.

Tambahan : Apabila Fitur Slow Motion tidak dapat digunakan (Eror/Force Close) silahkan coba Module Magisk Fix Slow Motion Gcam.

Sebelum tulisan ini saya akhiri, saya meminta kebaikan hati kalian (para pembaca) untuk klik iklan di blog ini supaya saya bisa terus dan semangat membagikan update Tips & Trik modifikasi Android terbaru. Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat..

1 comment for "Google Camera [Gcam] untuk Android Nougat Keatas"

Post a Comment