Fix Kamera MIUI Setelah Mengaktifkan Camera2 Api

Fix Camera setelah enable Camera2API

Apakabar sedulur! Jumpa lagi dengan portal media yang tak pernah libur, berniat untuk menghibur semoga tulisannya tidak ngawur karna penulisnya udah beberapa hari engga tidur wkwkwkwk 😂😂😂 *Canda.

Pada kesempatan kali ini kita akan membagikan tutorial cara fix kamera MIUI yang eror setelah kita mengaktifkan camera2 api yang biasanya terjadi pada rom MIUI 9.

Menurut saya pribadi, eror pada aplikasi kamera MIUI / kamera bawaan pada rom MIUI yang terjadi setelah kita mengaktifkan camera2 api bukanlah masalah serius. Saya juga kurang perduli dengan hal ini, karena setelah mengaktifkan camera2 api kita bisa menggunakan Gcam sebagai aplikasi kamera default yang justru lebih baik di banding camera MIUI (menurut saya lho ya). Namun beberapa pengguna masih ada yang mengeluhkan hal ini dan sering sekali kita lihat di grup/forum MIUI.

Nah, untuk menjawab pertanyaan yang sering kita dengar tersebut langsung saja disimak tutorial berikut ini.
  1. Pertama - tama pastikan smartphone kita telah berstatus root.
  2. Kita punya aplikasi file manager yang bisa mengakses root. Bisa gunakan aplikasi Root Explorer atau X-Plore. (Pada contoh iki kita menggunakan aplikasi X-Plore)
  3. Buka aplikasi X-Plore kemudian klik pada memory root, lalu cari folder System > build.prop.
  4. Klik pada build.prop kemudian kita edit.
  5. Cari string : ro.product.device=santoni (pada contoh ini kita menggunakan smartphone Redmi 4X)
  6. Kita edit ro.product.device=santoni menjadi ro.product.device=mido
  7. Setelah itu save kemudian Reboot Smartphone kita.
  8. Kalo masih bingung lihat gambar di bawah ini.
    Fix camera MIUI  setelah aktifkan camera2api

Catatan : Buat yang belum tahu santoni itu code device milik Redmi 4X untuk code device smartphone Xiaomi lainnya bisa dilihat disini.

Setelah ponsel kembali menyala coba aplikasi kamera bawaan Xiaomi yang tadinya bermasalah setelah kita mengaktifkan camera2 api, dan taaaarraaa!!! Udah bisa dibuka dan berfungsi dengan baik.

Kamera bawaan eror setelah pasang GCam

Tutorial ini telah kita uji coba pada smartphone Xiaomi Redmi 4X menggunakan Rom MIUI 9 dan sukses !. Namun untuk pengguna custom rom yang memakai base AOSP nggak perlu pakai tutorial ini, karena eror seperti ini setau saya hanya terjadi pada rom MIUI.

Sekian tulisan dari kami, apabila masih ada pertanyaan silahkan sampaikan lewat kolom komentar untuk kita diskusikan bersama.
Share jika bermanfaat..

Post a Comment for "Fix Kamera MIUI Setelah Mengaktifkan Camera2 Api"