Gcam Pixel 2 & Pixel 3 untuk Redmi Note 7 dan Note 7 Pro

GCam Pixel 3 Redmi Note 7 Pro

Setelah memutuskan untuk berdiri sendiri dan menjadi sub-brand Xiaomi. Belum lama ini, Redmi merilis ponsel pintar pertamanya setelah berpisah dengan Xiaomi yang diberi nama Redmi Note 7 dan Note 7 Pro.

Redmi Note 7 dibekali dengan spek yang cukup gahar namun memiliki harga yang merakyat. Spesifikasi singkat dari Reno 7 yaitu telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 (14 nm), Octa-core CPUs (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan Adreno 512 GPU. Yang pastinya sangat powerfull sekali untuk bermain Game HD atau untuk Hard Multitasking untuk smartphone dengan harga Mid-End (Menengah kebawah). Sedangkan untuk Redmi Note 7 Pro memiliki spek yang lebih tinggi dari Note 7 yakni menggunakan Qualcomm Snapdragon 675.

Selain itu, Redmi Note 7 dan Note 7 Pro juga dibekali camera belakang dengan resolusi 48mp dan sudah mendukung fitur Camera2 Api secara defaut. Artinya, kita bisa meningkatkan hasil jepretan gambar pada Redmi Note 7 tanpa perlu melakukan Unlock Bootloader ataupun Root.

Berbicara soal cara meningkatkan kualitas serta ketajaman gambar pada camera smartphone Android, pastinya yang hobi melakukan uprek atau modifikasi Android sudah tahu dan tidak asing dengan yang namanya Google Camera Mod (Gcam).

Apa itu Google Camera Mod (Gcam) ?

Google Camera Mod atau yang biasa disebut dengan Gcam, merupakan aplikasi camera hasil portingan dari camera bawaan milik Google Pixel 2 atau Pixel 3 yang dikenal bisa meningkatkan serta memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan kualitas setara DSLR meskipun hanya menggunakan 1 sensor camera.

Gcam pertama kali dibuat / diporting oleh 2 orang developmer yang dikenal dengan nama Arnova8G2 dan BSG. Tak berselang lama, project Gcam tersebut ternyata sangat disukai dan cukup populer dikalangan pecinta modifikasi smartphone Android. Hal ini membuat banyak developmer mengikuti jejak serta menggunakan portingan milik Arnova8G2 dan BSG yang kemudian dikembangkan lagi oleh para developmer lain supaya Gcam bisa digunakan pada lebih banyak smartphone Android dan lebih spesifik. Itulah kenapa, banyak sekali versi Gcam namun terkadang tidak bisa / tidak cocok digunakan untuk smartphone kita.

Hal tersebut juga terjadi pada smartphone Redmi Note 7 khususnya Reno 7 Pro. Dimana, meskipun secara default Reno 7 maupun 7 Pro telah terpasang fitur Camera2 Api, namun saat kita mencoba untuk memasang Gcam ternyata tidak bisa dugunakan dan force close.

Namun, berkat kerja keras pada developmer Redmi Note 7 dan Note 7 Pro dan Developmer Gcam, akhirnya Gcam untuk Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro berhasil dibuat dan bisa digunakan. Para developmer berhasi menggarap 2 project Gcam yaitu Gcam Pixel 2 dan Gcam Pixel 3.

Bagus Mana Gcam Pixel 2 atau Pixel 3 untuk Redmi Note 7 dan Note 7 Pro ?

Keduanya memiliki kekurangan serta kelebihannya masing - masing. Gcam Pixel 2 memiliki seluruh fitur Gcam pada umumnya namun tidak memiliki fitur Night Sight (Mode Malam). Sedangkan Gcam Pixel 3 memiliki seluruh fitur Gcam + Night Sight, tetapi beberapa fitur masih eror / memiliki bug. Namun, jangan kuatir, kedepannya para developmer pasti bisa mengatasi bug tersebut.

Cara Install Gcam Pixel 2 di Redmi Note 7 dan 7 Pro
  1. Download Gcam Pixel 2 Reno.apk
  2. Install seperti menginstall aplikasi pada umumnya.
  3. Jalankan dan selamat menikmati hasil jepretan serta rekaman video jernih dan tajam menggunakan Gcam Pixel 2.
  4. Oh iya, kita juga bisa mengsetting supaya hasil gambar atau video makin mantul di pengaturan Gcam.

Cara Install Gcam Pixel 3 di Redmi Note 7 dan 7 Pro
  1. Download Gcam Pixel 3.apk
  2. Install seperti menginstall aplikasi pada umumnya.
  3. Jalankan dan selamat menikmati hasil jepretan serta rekaman video jernih dan tajam menggunakan Gcam Pixel 3.
  4. Kita juga bisa mengsetting supaya hasil gambar atau video makin mantul di pengaturan Gcam.
  5. Gcam Pixel 3 juga telah mendukung penggunaan Config.xml, yang berguna untuk mensetting Gcam secara instan.

Cara Memasang/Menggunakan Config.xml pada Gcam Pixel 3
  1. Setelah kita menginstall Gcam Pixel 3 langsung saja kita buat folder GCam/Configs/.
  2. Contonya di bawah ini.
    Config GCam xml
  3. Taruh file Config.xml di dalam folder /GCam/Configs/Config.xml
  4. Setelah itu, buka aplikasi Gcam Pixel 3.
  5. Klik 2 kali pada area berwarna hitam dekat tombol shutter / jepret kamera.
  6. Akan muncul pilihan Config dan klik untuk menggunakannya.

Khusus Gcam Pixel 3 Redmi Note 7 Pro bisa lihat settingan di bawah ini :

Settingan GCam Redmi Note 7 Pro

Download File









Menurut saya pribadi, Gcam merupakan aplikasi camera wajib yang harus di pasang di smartphone Redmi Note 7 atau Note 7 Pro yang kita miliki. Hal ini karena pihak developmer Xiaomi sendiri juga terlihat mendukung untuk hal ini, karena secara default fitur Camera2 Api pada smartphone ini sudah diaktifkan. Yang mana Camera2 Api merupakan syarat wajib jika kita ingin menggunakan Gcam.

Masih banyak tips & trik modifikasi smartphone Android yang akan kita bahas dan bagikan setiap harinya. Jadi tunggu apa lagi, silahkan berlangganan artikel menarik lainnya dengan cara masukan email kalian di kolom berlangganan di bawah untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari kami via Email.

Sekian tulisan dari kami, klik iklan di blog ini apabila artikel ini bermanfaat dan bagikan supaya pengguna Android lainnya tau tips & trik modifikasi terbaru ini.

Post a Comment for "Gcam Pixel 2 & Pixel 3 untuk Redmi Note 7 dan Note 7 Pro"