Rom HydrogenOS (Android 10) DP5 Untuk Semua Android Partisi A

HydrogenOS

Akhirnya, setelah sekian lama kita menunggu peluncuran Android 10. Kemarin versi terbaru (mendekati stabil) serta Source Code AOSP dari patch Android 10 telah dirilis secara publik.

Seperti tahun - tahun sebelumnya, saat ini baru beberapa ponsel Android saja yang mendapatkan update Android 10 Official. Diantaranya adalah keluarga smartphone Google Pixel, One Plus dan ponsel kelas atas lainnya.

Meski demikian, pada patch Android 10 yang dirilis kemarin, pihak Google juga telah merilis source kode AOSP Android 10, yang artinya, ponsel - ponsel yang tidak kebagian Android 10 Official dari Google bisa memasangnya sendiri menggunakan custom rom yang dibuat oleh dev pihak ke-3.

Salah satu custom rom Android 10 yang berhasil dibuat oleh dev pihak ke-3 adalah rom HydrogenOS Official Android 10 hasil portingan dari smartphone OnePlus 7.
Berkat kejeniusan serta kreatifitas senior dev Bikram_M, kini ponsel - ponsel yang belum kebagian rom Official Android 10 bisa mencicipi rom ini dengan catatan smartphone sudah menggunakan Android Oreo / Pie (Trebel).

Custom rom Android 10 hasil portingan dari OnePlus 7 ini merupakan rom GSI yang artinya hanya bisa dipasang pada smartphone Android yang berstatus Trebel. Oh iya, untuk saat ini rom HydrogenOS Android 10 GSI hanya mendukung smartphone Android dengan partisi A (A-Only). Untuk mengecek apakah smartphone kita menggunakan patisi A atau AB bisa gunakan aplikasi Trebel Check.

Cara Mengecek Partisi A / AB pada Android
  1. Download aplikasi Trebel Check.apk di Playstore (Gratis).
  2. Buka dan lihat, apakah ponsel kita berstatus trebel atau Non Trebel, dan menggunakan partisi A atau AB.
  3. Jika ponsel kita menggunakan partisi A dan berstatus trebel (oreo/pie) maka teman - teman bisa lanjutkan baca tutorial ini.

OnePlus7 HydrogenOS Android10 Dp5 Gsi For A-only Devices

Seperti namanya, rom HydrogenOS yang kita bagikan ini telah menggunakan OS Android 10 beta 5. Artinya, masih ada beberapa bug pada rom ini. Tetapi buat temen - temen yang ingin mencoba rom ini langsung saja ikuti step - stepnya dibawah ini.

Syarat :
  • Menggunakan Android Oreo/Pie (Trebel) partisi A Only.
  • Sudah terpasang TWRP.

Cara Instal Rom HydrogenOS Android 10 DP5 via TWRP.
  1. Download file rom (link ada dibawah)
  2. Ekstrak file rom supaya berkestensi .img
  3. Masuk ke mode TWRP.
  4. Lakukan Backup rom yang kita pakai guna berjaga - jaga.
  5. Wipe > Advance Wipe > Cache, Data, System dan Dalvik Cacahe saja.
  6. Flash rom menggunakan mode flash img (instal image) dan gunakan partisi System Image.
  7. Done & Enjoy!

Bug : Seperti rom GSI pada umumnya, untuk tiap ponsel bugnya beda - beda.

Download File :

Tutorial telah kami coba dan berhasil booting di smartphone Redmi 4X (partisi A) menggunakan basis rom AEX Trebel Pie dan diflash menggunakan TWRP OrangeFox.

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengenai rom HydrogenOS Android 10 Unofficial GSI untuk semua ponsel Partisi A ini. Jan lupa kunjungi blog ini supaya tidak ketinggalan info seputar OS Android terbaru!

Post a Comment for "Rom HydrogenOS (Android 10) DP5 Untuk Semua Android Partisi A"