Apa itu GSI ? Penjelasan Mengenai Project Trebel dan rom GSI

Apa itu rom GSI?

Apakabar sobat? Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat dan baik - baik saja.
Pada kesempatan yang segar ini, kembali lagi kita akan membahas informasi - informasi menarik pada system operasi Android yang pastinya akan sangat bermanfaat.

Beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas mengenai CAF (Code Aurora Forum) yang sering digunakan pada rom/kernel jenis custom. Dan pada kesempatan ini, kita akan membahas lagi salah satu jenis rom yang mulai populer semenjak kemunculan Project Trebel.

Apa itu Project Trebel ?

Project Trebel merupakan proyek buatan Google yang berguna untuk mempercepat peluncuran pembaruan/update system operasi Android oleh para vendor smartphone yang diperkenalkan sejak kemunculan OS Oreo.

Cara kerjanya, Project Trebel akan memodulasi Android sehingga kerangka OS Android (Nougat, Oreo, Pie atau Android Q) disimpan terpisah dari perangkat lunak milik vendor/pembuat smartphone.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat para vendor smartphone untuk memberikan update OTA rom yang digunakan pada smartphone buatan mereka. Karena pihak vendor tidak perlu lagi menyesuaikan perangkat lunaknya pada kerangka OS terbaru yang biasanya akan membutuhkan waktu lama.

Masih bingung ?

Lihat gambar di bawah ini :

Kelebihan Rom GSI

Keuntungan dari Project Trebel ini juga sangat dirasakan oleh para developmer pihak ke-3. Dengan adanya Project Trebel ini, tidak ada lagi rom/custom rom memungkinkan untuk membuat custom rom yang bisa digunakan di semua smartphone Android. Dengan kata lain, semua jenis atau tipe rom apapun bisa di pasang di berbagai macam smartphone Android, dengan catatan smartphone Android tersebut telah menggunakan OS Oreo keatas (Trebel).

Rom/Custom Rom yang bisa dipasang pada semua smartphone Android yang telah support Trebel tersebut disebut dengan rom GSI atau kependekan dari Generic System Image.

Cara kerja rom GSI ini juga sesuai dengan pedoman Project Trebel. Yang mana saat kita memflash/menginstall rom GSI, rom hanya akan memodifikasi bagian kerangka OS Android (atau partisi sistem) tanpa menyentuh kode implementasi Vendor milik smartphone tersebut. Artinya, kita dapat memflash rom GSI pada setiap perangkat yang didukung Treble dan seharusnya kita bisa boot tanpa masalah.

Cara Menginstall Rom GSI via TWRP

Syarat Wajib :
  • Smartphone telah menggunakan rom Trebel.
  • Sudah Terpasang TWRP (Trebel).
  • Melakukan Backup data - data penting dan disimpan di PC/Memori Card. Untuk jaga - jaga apabila terjadi enkripsi.

Step by Step :
  1. Masuk ke mode TWRP.
  2. Lakukan Wipe dengan pilihan Advance Wipe, kemudian pilih Dalvik Cache, Data, System dan Cache saja.
  3. Ubah mode TWRP supaya bisa install file .img. Karena file rom GSI biasanya berekstensi .img.
    Cara flash rom GSI
  4. Cari file rom GSI dan pilih yang System Image.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  6. Reboot System.
  7. Done.

Catatan : Ini adalah cara umum yang digunakan saat menginstall rom GSI. Namun, pada benerapa rom, sang developmer akan memberikan instruksi yang lebih detail tentang cara menginstall rom tersebut. Keep Calm 🍻.

Untuk saat ini, Rom GSI memang masih belum begitu familiar, mengingat smartphone yang menggunakan OS Oreo ataupun Pie (Trebel) masih belum merata. Mungkin satu atau dua tahun lagi Rom GSI akan sangat populer karena mudah dalam pengaplikasiannya.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan dari saya tentang Pengertian Project Trebel dan Rom GSI ini.Sekali lagi saya memohon untuk para pengunjung untuk klik iklan di blog ini, supaya saya makin semangat dan bisa terus update tips & trik modifikasi Android terbaru setiap hari. Sekian dari kami, Share jika bermanfaat..

Post a Comment for "Apa itu GSI ? Penjelasan Mengenai Project Trebel dan rom GSI"