Rom Termantap !!! Lineage OS Unofficial Redmi 4X (Kernel 4.9)

Kernel 4.9 Redmi 4X

LineageOS merupakan salah satu custom rom yang sudah sangat terkenal dikalangan pecinta modifikasi Android. LOS atau yang dulunya bernama Cyanogen Mod memiliki tampilan serta performa yang membuat siapa saya betah dalam menggunakan rom tersebut.

Custom rom Lineage OS mendukung untuk banyak sekali smartphone, salah satunya yaitu Xiaomi Redmi 4X atau yang memiliki code name Santoni. Ya, Redmi 4X ternyata bisa menggunakan custom rom LineageOS. Sayangnya, dalam versi Officialnya, rom LineageOS untuk Redmi 4X masih terbatas pada versi 15.1 yang menggunakan Android Oreo (8.1). Padahal, untuk saat ini, LineageOS paling baru sudah menggunakan Android 9 (Pie) dengan nama Lineage OS 16.0.

Meski begitu, teman - teman tak perlu kuatir. Banyak developmer pihak ke-3 yang perduli dan masih aktif melakukan uprek pada Redmi 4X ini. Sehingga, Rom LineageOS 16.0 Official yang pada dasarnya belum bisa dipasang pada Redmi 4X, berkat kerja keras pada dev, Lineage OS 16.0 akhirnya bisa juga kita rasakan di Redmi 4X, meskipun termasuk versi Unofficial.

Jangan kuatir, baik Official maupun Unofficial perbedaanya tidak terlalu jauh, bahkan tak jarang versi Unofficialnya jaul lebih baik ketimbang rom versi Officialnya.

Sebenarnya, Rom LineageOS 16.0 Unofficial untuk Redmi 4X sudah pernah saya bahas, namun untuk rom LOS yang saya bahas kali ini dibuild oleh developmer yang berbeda, dan juga membawa sebuah perubahan baru yang pastinya akan membuat teman - teman pecinta uprek bakalan makin cinta sama Redmi 4X.

Jadi gini temen - temen, Lineage OS 16.0 Unofficial yang kita bahas ini merupakan rom hasil build dari dev Nichcream, yang mana beliau telah berhasil melakukan modifikasi yang sangat besar, yaitu peningkatan versi linux kernel yang semula hanya mentok di 3.18, beliau berhasil meningkatkan ke versi yang lebih tinggi yaitu 4.9 !!!

Apa sih hebatnya kernel versi 4.9 ??
Dari informasi yang kami dapat, kernel versi ini terbilang lebih aman dan memiliki performa yang lebih baik di banding kernel versi 3.18 yang notabene masih menjadi base kernel untuk semua custom kernel ataupun stock kernel Redmi 4X.

Kernel 4.9 redmi 4x

Bisa dibilang ini merupaka kabar yang menghebohkan dan kabar baik untuk para pecinta modifikasi khususnya Redmi 4X. Karena kedepannya, custom rom maupun custom kernel Redmi 4X pasti akan memiliki performa serta kestabilan yang semakin mantap !!

Cara Pasang Rom LineageOS 16.0 :
  1. Masuk ke mode TWRP (gunakan TWRP versi terbaru)
  2. Lakukan backup rom yang kita pakai untuk berjaga - jaga.
  3. Flash Rom.
  4. Flash Gapps.
  5. Wipe Cache.
  6. Reboot System.
  7. Done.

File - file penting untuk eksekusi LOS 16 :

Perlu teman - teman ketahui, kernel versi 4.9 ini merupakan build baru dan mungkin masih ada sedikit bug/kekurangan. Sang developmer pun belum mau merilis source kernelnya secara umum karena masih terlalu rumit. Akan tetapi, untuk fitur - fitur utama rom LOS ini bisa dikatakan sudah 99% bisa digunakan dengan lancar dan stabil. Buat main game juga sangat mulus, mengingat sudah menggunakan linux kernel base 4.9.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai rom Lineage OS 16.0 Unofficial build dev Nichcream ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengalaman pengguna rom ini silahkan teman - teman langsung coba sendiri saja. Dijamin aman dan bikin betah. Sekian tulisan dari kami, Share jika bermanfaat..

1 comment for "Rom Termantap !!! Lineage OS Unofficial Redmi 4X (Kernel 4.9)"

Post a Comment