Kernel Nexus Latest Redmi 4X (Oreo/Pie Trebel Only)

Kernel nexus redmi 4x

Halo sobat! Memang tak ada habisnya kalo kita membahas tentang dunia modifikasi smartphone Android smartphone atau yang biasa disebut dengan nguprek. Hampir tiap hari, ada saja inovasi baru yang ditemukan para developmer Android handal guna mempercantik tampilan atau meningkatkan performa smartphone kita.

Dari banyaknya jenis modifikasi yang bisa di lakukan pada smartphone Android, modifikasi untuk meningkatkan performa adalah yang paling diminati. Hal ini memang bisa dilakukan mengingat system operasi Android merupakan jenis OS/system open source, artinya kita bisa mengutak atik jeroan/system Android tanpa batas dan sesuai keinginan kita. Namun, tidak boleh sembarangan ya dalam melakukan modifikasi pada bagian system OS Android, karena jika salah dalam prosesnya bukan smartphone yang jadi makin meningkat performanya malah jadi smartphone yang lelet, ngebug atau yang paling parah adalah bootloop.

Berbicara soal modifikasi smartphone Android guna meningkatkan performanya, secara umum ada 3 hal yang bisa kita lakukan, yaitu dengan memasang tweak, custom rom atau custom kernel. Tetapi dari 3 hal tersebut, memasang custom kernel memanglah menjadi primadona atau hal yang paling diminati oleh para pecinta modifikasi smartphone Android. Hal ini karena, kernel merupakan sebuah software paling vital dan inti dari system operasi Android.

Banyak sekali custom kernel yang tersedia/dibuat oleh para developmer pihak ke-3 / komunitas Android dengan segudang fitur - fitur canggih yang pastinya akan mendongkrakak performa smartphone kita. Berbagai nama, jenis maupun fitur - fitur varu terua dikembangkan oleh para developmer guna menghasilkan custom kernel yang terbaik untuk masing - masing smartphone.

Salah satu nama custrom kernel terbaru dan terbilang cukup menarik perhatian khusus untuk para pengguna smartphone Xiaomi Redmi 4X (Santoni) adalah kernel Nexus R3.

Kernel Nexus R3 atau Nexus Kernel merupakan sebuah custom kernel build terbaru buatan developmer psdashing (seorang developmer ternama Redmi 4X) yang di khususkan untuk smartphone Redmi 4X. Seperti namanya, ini merupakan build ke 3/versi ke 3 dari Nexus Kernel yang telah disempurnakan guna tercipta kernel yang stabil dan memiliki performa yang jauh lebih unggul daripada stock kernel. Berikut fitur - fitur serta changelog kernel Nexus :

Fitur :
* Governors:
- intelliactive
- clarity
- elementalX
- alucard
- zzmoove
- chill
- relax
- blu_active
- nightmare
- darkness
* CPU Boost
* Intelli-Thermal 3.0
* Simple GPU Algorithm
* Adreno Idler
* D2TW & STW
* KCAL
* PowerSuspend Driver
* FastCharge
* Qnovo interface
* Boeffla wakelock blocker
* Audio Overclock to 12Mhz
* Up-to-date DTS Eagle driver
* Finger Print-Boost

Changelog:
- Upstreamed to 3.18.135
- GPU overclock from 550MHz > 575MHz
- Removed 422MHz and 384MHz (causes random reboots)

Cara Instal Nexus Kernel R3 Santoni via TWRP
  1. Masuk ke mode TWRP. Usahakan gunakan TWRP versi terbaru, jika belum punya bisa unduh dulu disini.
  2. Jika sudah, lakukan backup kernel/rom yang tengah kita gunakan untuk berjaga - jaga apabila kita ingin kembali ke kernel bawaan.
  3. Instal Nexus Kernel R3.
  4. Wipe Cache (Opsional)
  5. Reboot System.
  6. Done.

Catatan : Buat yang mengalami Random Reboot setelah ganti Rom/Kernel di Redmi 4X, bisa baca alasannya disini.

Download File

Seperti custom kernel pada umumnya, kita bisa mengcustomisasi/mensetting pengaturan pada kernel Nexus sesuai dengan selera kita menggunakan bantuan aplikasi EX Kernel Manager. Tetapi, jika tidak cukup faham dalam menggunakan/mensetting kernel, cukup biarkan saja dengan stetelan default.

Secara keseluruhan dan menurut saya pribadi, kernel Nexus merupakan salah satu custrom kernel Redmi 4X terbaik yang pernah saya gunakan. Nexus kernel benar - benar memberikan pengalaman pengguna yang sangat nyaman dan stabil, pokoknya recomended deh.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Nexus Kernel latest Redmi 4X (Santoni) ini. Jangan lupa untuk kunjungi terus portal media kesayangan kita semua ini untuk mendapatkan informasi seputar tips, trik dan modifikasi smartphone terbaru setiap harinya. Sekian tulisan dari kami, Share jika bermanfaat.. 

Post a Comment for "Kernel Nexus Latest Redmi 4X (Oreo/Pie Trebel Only)"