Cara Mudah Pasang / Install TWRP Untuk Xiaomi Redmi 4X

Cara Pasang TWRP Redmi 4X
TWRP Redmi 4X (Santoni)
Keberadaan TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pecinta uprek smartphone Android. Dengan TWRP kita bisa melakukan backup rom yang tengah kita pakai, flash rom, melakukan root tanpa membutuhkan PC dan masih banyak lagi kelebihan dari TWRP di bandingkan stock recovery yang hanya bisa melakukan instal rom resmi dan wipe data saja.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara memasang TWRP untuk Xiaomi Redmi 4X secara mudah dan tanpa ribet. Namun, sebelum kita mulai proses pemasangan TWRP, pertama - tama kita siapkan bahan - bahannya terlebih dahulu.

Persiapan Proses Install TWRP Untuk Xiaomi Redmi 4X


Jika semua persiapan di atas telah terpenuhi, saatnya kita mulai proses pemasangan TWRP untuk Xiaomi Redmi 4X.

Langkah - Langkah Pasang / Install TWRP Untuk Xiaomi Redmi 4X

  1. Matikan Ponsel Xiaomi Redmi 4X kita. Kemudian pencet dan tahan tombol Volume Bawah serta Tombol Power secara bersamaan sampai masuk ke Mode Fastboot.
  2. Jika sudah masuk ke mode fastboot, sambungkan ponsel ke PC atau Komputer menggunakan USB.
  3. Cari dan Ekstrak file ToolKitTWRP_v2.0-Santoni.zip. Kemudian pada folder hasil ekstrakan tersebut, Klik Kanan > Run as Administrator pada file DoubleKlikSaya.bat. Maka akan muncul jendela Command Prompat.
  4. Ketik angka pada keyboard kemudian klik Enter. Setelah itu, tinggal kita ikuti saja instruksi pada Command Prompat tersebut sampai Xiaomi Redmi 4X kita masuk ke Mode TWRP secara otomatis. Jika tidak masuk ke mode TWRP secara otomatis, cabut Kabel USB dari smartphone kemudian tekan dan tahan Tombol Volume Atas serta Tombol Power secara bersamaan sampai masuk ke mode TWRP.
  5. Selamat, TWRP berhasil terpasang dan kini kita bisa melakukan Root Pada Xiaomi Redmi 4X Menggunakan Magisk Atau Memasang Berbagai Custom Rom Terbaik Untuk Xiaomi Redmi 4X dan masih banyak lagi manfaat dari memasang TWRP.
  6. Supaya TWRP tidak hilang saat kita ganti rom atau melakukan flashing ikuti langkah pada gambar di bawah ini. Kemudian hapus centang pada "Mount system partition read-only".
    TWRP Redmi 4X Santoni



Cara Mengganti Bahasa TWRP Cina


Pada beberapa kasus, setelah melakukan Pemasangan TWRP diatas, TWRPnya berbahasa Cina. Nah, cara mengganti bahasanya menjadi Inggris ikuti langkah - langkah berikut.
  1. Masuk Mode TWRP.
  2. Setelah masuk mode TWRP, klik kotak yang saya tandai dengan angka 1 seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Kemudian klik pada logo Bola Dunia yang saya tandai dengan angka 2 pada gambar di atas.
    Cara Merubah Bahasa TWRP
  4. Pilih bahasa English (3).
  5. Terakhir, klik kotak yang ada di Kanan Bawah atau yang saya tandai dengan angka 4.

Update!
Saya melakukan sedikit modifikasi pada toolkit ini sehingga TWRP yang kita pasang adalah TWRP Orangefox versi terbaru yang support rom Trebel/Non-Trebel (Android Marsmallow, Nougat, Oreo, Pie, Android 10) :


Untuk cara penggunaan tinggal ekstrak Toolkit TWRP Redmi 4X.zip di PC/Laptop lalu double klik pada file DoubleKlikSaya dan ikuti saya instruksi yang akan berjalan secara otomatis :)

Note :
  • Pastikan sudah install Driver Redmi 4X di PC.
  • Pastikan juga sudah Disable Driver Signature.
  • Matikan juga antivirus jika proses gagal karena file adb yang ada di dalam folder Toolkit dianggap sebagai virus oleh beberapa antivirus padahal sebenarnya bukan.

Sangat mudah dan simpel sekali bukan, cara memasang TWRP pada smartphone Xiaomi Redmi 4X ini. Oh iya, sayangnya TWRP Official ini belum mendukung untuk menginstal rom Oreo atau Pie (Trebel) jadi hanya sebatas untuk flash rom Nougat, kernel serta tweak saja.

Buat temen - temen yang ingin memasang TWRP Redmi 4X yang bisa instal rom Pie atau Oreo bisa baca TWRP Trebel Terbaik Redmi 4X.
Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat..