Kumpulan Custom Rom untuk Redmi 3S/3X/Prime (Land)

Rom redmi 3s 3x

Custom rom merupakan rom hasil modifikasi dari stock rom (rom bawaan) atau rom smartphone lain guna memperoleh tampilan, stabilitas, performa serta fitur yang lebih baik dari sebelumnya.

Biasanya custom rom dibuild oleh para developers pihak ke-3 secara individu ataupun berkelompok (team). Para developers juga saling bahu membahu memberikan solusi supaya custom rom yang mereka buat bisa bekerja dengan baik.

Hingga saat ini, sudah ada puluhan varian custom rom yang berhasil diciptakan oleh para dev pihak ke-3. Beberapa diantaranya yang sangat populer adalah :
  • Pixel Experience
  • AEX
  • HAVOC OS
  • LineageOS
  • NitrogenOS

Apa sih kelebihan custom rom ?

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, tujuan dibuildnya custom rom adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna ponsel Android. Biasanya custom rom memiliki performa yang lebih unggul dibanding stock rom (rom bawaan) karena rom tersebut didesain dengan menonjolkan performanya.

Selain itu, build custom rom memiliki banyak fitur customisasi yang berguna untuk mengatur tampilan ataupun performanya sesuai keinginan kita.

Kumpulan Custom Rom Redmi 3S/3X Land

Berbicara tentang custom rom, saat ini hampir semua smartphone Android memiliki custom romnya masing - masing. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah Custom Rom untuk Redmi 3S/3X/3Prime (Land).

Redmi 3S/3X merupakan ponsel kelas menengah (mid-range) buatan vendor ponsel Xiaomi yang sampai saat ini masih memiliki banyak user aktif termasuk yang hobi melakukan uprek. Redmi 3S/3X memiliki banyak developer yang aktif dan terus menciptakan custom rom - custom rom keren guna memanjakan para pengguna Redmi 3X/3X Land.

Berikut ini daftar Custom Rom untuk Redmi 3S/3X terbaik versi kami :

1.) LineageOS

LineageOS merupakan salah satu custom rom yang usianya sudah cukup tua. LineageOS dulunya bernama CyanogenMod yang kemudian setelah beberapa tahun mati suri, rom ini berganti nama menjadi LineageOS.

Secara keseluruhan rom LineageOS memiliki tampilan yang simpel dan elegan, rom ini tidak terlalu banyak memiliki fitur customisasi. Namun, LineageOS menawarkan stabilitas dan performa yang sangat baik, ini dibuktikan dengan jam terbang tim LineageOS yang sangat tinggi.

Download File :

Catatan : Build LineageOS Official sudah tidak tersedia karena sepi peminat!

2.) Pixel Experience

Seperti namanya, rom Pixel Experince dibuild dan didesain supaya pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan ponsel Pixel milik Google.

Tak cuma tampilannya yang mirip, fitur, nada dering, launcher bahkan OSnya pun disamakan dengan ponsel Pixel. Tak heran jika rom ini banyak digunakan oleh para pecinta opreker khususnya yang ngidam ponsel Pixel tapi belum keturutan.

Download File :

3.) NitrogenOS

Satu lagi custom rom keren hasil buah tangan developer Redmi 3S/3X adalah NitrogenOS.

NitrogenOS merupakan custom rom base AOSP yang dibuild secara khusus yang terinspirasi dari rom Oxygen/HidrogenOS milik ponsel OnePlus.

Selain menjolkan tampilan yang cantik, rom NitrogenOS juga mengedepankan performa handal yang siap melibas game - game HD.

Download File :

Android Pie

Android 10

4.) AEX (AOSP Extended)

AEX atau kependekan dari AOSP Extended merupakan custom rom base AOSP yang telah dimodifikasi guna mendapatkan fitur, peningkatan stabilitas, performa serta keamanan yang lebih terupdate.

Rom AEX lebih menonjolkan performa serta fitur customisasi yang terbilang cukup komplit. Rom ini sangat cocok buat yang suka nyetup - nyetup tampilan.

Download File :

5.) HAVOC OS

Hampir mirip dengan rom Pixel Experience. Build rom HAVOC OS juga terinspirasi dari ponsel Pixel. Namun rom HAVOC memiliki customisasi yang jauh lebih komplit dari custom rom manapun, bahkan lebih komplit dari rom AEX. Bisa dibilang, HAVOC adalah versi premiumnya rom Pixel Experience hehehe.

Julukan lain dari HAVOC adalah rom sejuta customisasi. Hal ini karena rom HAVOC memang memiliki banyak sekali fitur customisasi yang bisa kita gunakan untuk mengatur tampilan sampai performa sesuai keinginan kita.

Download File :

Cara Instal Custom Rom di Redmi 3S/3X/Prime (Land) via TWRP
  1. Download rom diatas sesuai selera.
  2. Masuk ke mode TWRP.
  3. Backup rom yang tengah kita pakai (buat jaga -jaga)
  4. Wipe > Advance Wipe > Data, System dan Cache saja.
  5. Flash Rom.
  6. Flash Gapps.
  7. Reboot System.
  8. Done.

Catatan : Untuk Rom Pixel Experince sudah include Gapps, jadi tidak usah instal Gapps lagi.

Sementara kita bahas 5 dulu custom rom untuk Redmi 3S/3X (Land) ini. Kedepannya, daftar ini akan terus kita update supaya pilihan Custom Rom Land ini makin komplit.

Oh iya, berikut bahan tambahan yang bisa kita pasang supaya custom rom kita makin mantap :

Mungkin cukup sekian tulisan dari kami mengenai Kumpulan Custom Rom Redmi 3S/3X/3Prime ini. Jan lupa untuk kunjungi kami setiap hari supaya tidak ketinggalan info menarik seputar dunia modifikasi Android terbaru.

Post a Comment for "Kumpulan Custom Rom untuk Redmi 3S/3X/Prime (Land)"