Tutorial Lengkap Mematikan/Nonaktif Driver Signature Windows 7 / 8 / 10 (32/64 bit)

Beberapa waktu yang lalu saat saya ingin melakukan flashing rom pada smartphone Redmi 4X saya, ada sebuah kendala yang bener - bener bikin saya pusing. Pasalnya, smartphone Xiaomi saya tidak terdeteksi di PC/Laptop, padahal saya sudah instal drivernya. Saat itu saya benar - benar bingung bagaimana cara mengatasinya, dan saat saya cek di bagian Device Manager, ternyata hal ini disebabkan karena ada tanda seru pada Qualcomm HS QLoader (drivernya).

Cara Disable Windows Siganture

Usut punya usut setelah saya browsing kesana kemari, penyebab tanda seru pada driver smartphone Xiaomi saya adalah Windows tidak mengenali driver ponsel Xiaomi saya, akibatnya PC tidak bisa memverifikasi driver tersebut.

Jika kita lihat ini di device status > properties maka disitu akan muncul peringatan “Windows cannot verify the digital signature for the drivers required for this device”.

Disable Windows Siganture Tutorial

Apa itu Digital Signature ?

Digital Signature atau yang biasa disebut Driver Signature merupakan fitur keamanan pada PC/Komputer yang berguna untuk memberikan izin pada penginstalan driver.

Fitur Driver Signature pertama kali diperkenalkan pada Windows 7 dan terus dipakai hingga saat ini (Windows 10). Dengan adanya Driver Siganture ini, kita tidak bisa sembarangan menginstal driver pada PC kita karena alasan keamanan.

Dalam aturannya, Driver Signature hanya mengijinkan penginstalan driver yang berstatus signed (aman). Tetapi hal ini juga mengakibatkan driver - driver yang dirilis sebelum adanya fitur Driver Signature (sebelum rilis Windows 7) dicekal alias tidak bisa dipasang (ada tanda pentungnya) karena dianggap sebagai driver yang tidak aman karena belum signed.

Itulah sebabnya, ponsel Redmi 4X saya tidak terdeteksi di PC meskipun saya sudah menginstal driver Xiaomi, karena driver Xiaomi yang saya pakai belium berstatus signed.

Bagaimana Cara Mengatasi ponsel yang tidak terdeteksi di PC ?

Jika dilihat dari problem diatas, penyebab sebagian besar ponsel tidak kedetek di PC adalah adanya fitur Driver Signature Enforcement yang mengakibatkan driver kita ditolak dan ada tanda serunya. Nah bagaimana cara mengatasinya ?

Cara Mudah Mematikan / Nonaktif Driver Siganture pada Windows 7, 8, 10 (32/64 bit)

#Nonaktif Driver Siganture Windows 7
  1. Restart PC dan saat PC kita dalam keadaan booting tekan tombol F8 hingga muncul seperti berikut ini.
    Cara Disable Windows Siganture Windows 7
  2. Pilih “Disable Driver Signature Enforcement”, kemudian Windows akan masuk ke sistem seperti biasa.
  3. Done.

#Nonaktif Driver Siganture Windows 8, 8.1, 10
  1. Pada saat ponsel dalam keadaan menyala (biasa) tekan dan tahan tombol SHIFT dan klik Restart.
    Disable Windows Siganture Windows 10
  2. Setalah itu PC / laptop kita akan restart dan masuk ke menu ini.
  3. Pilih Troubleshoot lalu pilih Advance Options.
    Cara Disable Windows Siganture Windows 10

    Cara Disable Windows Siganture Windows 10.1
  4. Pilih Startup Settings.
    Disable Windows Siganture Windows 10.1
  5. Selanjutnya klik Restart.
    Tutorial Disable Windows Siganture Windows 10
  6. PC/ laptop akan melakukan restart sesaat, dan akan muncul menu seperti ini.
  7. Pada keyboard Ketik “7” atau “F7” untuk memilih mode “Disable driver signature enforcement”.
    Cara Mudah Disable Windows Siganture Windows 10
  8. PC / Laptop kita akan otomatis melakukan Restart dan mode driver signature akan nonaktif, sehingga kita bisa memasang driver yang belum di-signed tadi.

Untuk memastikannya, coba liat di device manager, jika kita berhasil mematikan driver signaturenya, tanda seru yang ada pada driver kita harusnya sudah hilang.

Catatan : Tutorial ini telah saya coba dan berhasil 100% menggunakan laptop Windows 8.1 dan driver Xiaomi.

Oh iya, usahakan gunakan PC/Laptop pribadi yang bisa temen - temen pinjem milik temen kita, karena apabila kita memakai komputer di warnet biasanya akan sulit.