Cara Mengaktifkan Camera2Api pada Semua Realme (Tanpa Root)

Cara aktifkan camera2api realme non root

Camera2API - Apa itu Camera2API atau Camera HAL3 ?
Camera2 API merupakan fitur atau framework yang berguna untuk mengijinkan kita mengakses fitur kamera yang lebih lanjut seperti exposure, focus, atau ISO secara manual.

Sejatinya, fitur Camera2API merupakan fitur bawaan yang hadir di Android sejak kemunculan android Lolipop. Akan tetapi, oleh para dev android fitur ini tidak di aktifkan secara default. Oleh sebab itu kita perlu mengaktifkan fitir ini secara manual.

Secara umum fitur Camera2API biasanya bisa kita aktifkan dengan cara melakukan root atau memasang TWRP terlebih dahulu pada smartphone Android kita. Namun ada yang unik nih sama smartphone besutan terbaru dari OPPO yang memiliki nama pasar Realme.

Ya, bisa dikatakan dev dari smartphone Realme sangat tanggap dengan masukan para penggunanya. Seperti mempermudah dalam proses unlock bootloader sampai yang terbaru diumumkannya dukungan fitur Camera HAL3 alias Camera2API secara Official pada update rom ColorOS6.

Untuk saat ini baru beberapa smartphone Realme yang sudah mendapatkan update rom ColorOS 6 (yang bisa aktifkan camera2api tanpa root). Akan tetapi, sang developmer memastikan akan mengusahakan supaya semua seri Realme dapat mengaktifkan Camera2API seara mudah.

Bagaimana Cara memasangnya?


Camera2api realme

Dari informasi yang kami kumpulkan. Saat ini baru beberapa device yang support camera HAL3 di device Realme, diantaranya :
  • Realme 2 Pro (ColorOS6 required)
  • Realme 3 Pro
  • Realme U1 (di rumorkan akan mendapat dukungan Camera HAL3)
  • Realme 5
  • Realme 5 Pro
  • Realme X
  • Realme XT

Step by step :
  1. Buka Pengaturan pada smartphone Realme kita.
  2. Pada kolom pencarian ketik saja "Camera HAL3" (tanpa tanda kutip)
    Cara mengaktifkan Camera2API Realme
  3. Aktifkan / centang pada tab "Camera HAL3"
    Camera2API Realme
  4. Jika sudah silahkan teman teman instal aplikasi Gcam atau aplikasi camera lain yang mendukung camera2api.

Untuk temen - temen yang belum punya aplikasi Gcam atau bingung mau nyoba yang mana, kita bisa menggunakan


Mungkin cukup sampai disini pembahasan dari kami tentang cara mengaktifkan camera2api atau Camera HAL3 pada semua Realme secara Official. Jan lupa untuk selalu kunjungi portal media kesayangan kita semua ini untuk selalu mendapat informasi terbaru seputar dunia modifikasi Android. Sekian dari kami, Share jika bermanfaat..