Cara Instal Rom MIUI Tanpa Kehilangan TWRP atau Terkena Enkripsi

Agar twrp tidak hilang saat flash rom miui

Buat para pengguna smartphone Xiaomi yang hobi modifikasi atau yang gemar memakai custom rom, terkadang suka ngiler juga saat Xiaomi meluncurkan update rom MIUI Official dan ingin mencobanya. Ya, tiap update dari rom MIUI khususnya yang versi stable memang selalu menarik untuk dicoba karena sering membawa banyak perubahan, baik dari segi tampilan ataupun performanya.

Sayangnya, saat kita menggunakan custom rom atau stock rom yang sudah dimodifikasi atau terpasang TWRP, kita akan menerima 2 konsekuensi, yaitu :
  1. TWRP atau Custom Recovery akan hilang.
  2. Terkena Enkripsi (jika sebelumnya memakai custom rom)

Ya, dua konsekuensi diatas harus kita terima apabila kita ingin kembali menggunakan rom MIUI atau update rom MIUI (poin nomor 2 tidak berlalu untuk update ota rom MIUI). Mungkin kalian berfikir, apa ada cara supaya saat kita kembali ingin memasang rom MIUI kita tidak kehilangan TWRP ?

Jika kita masih bimbang untuk eksekusi rom MIUI karena takut TWRP hilang (maklum, pasang TWRP kudu pake PC hehe). Maka hari ini adalah hari keberuntungan kita semua, karena saya punya solusi Cara Instal/Kembali ke Rom MIUI tanpa kehilangan TWRP atau yang paling parah terkena Enkripsi yang berakibat kehilangan semua data pada ponsel Xiaomi kita. Bagaimana caranya ? Oke, gak perlu berpanjang lebar, berikut step by stepnya untuk teman - teman semua :

#PERSYARATAN#
  • Siapkan file Rom MIUI sesuai smartphone kita, saya sarankan download di web resminya.
  • Siapkan juga file TWRP baik yang berformat .zip atau img sesuai selera masing - masing.
  • Jangan lupa, pastikan baterai smartphone kita minimal 70% kalau perlu sambil di cas supaya proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Lazyflasher.zip

#1. Cara Instal Rom MIUI dari Custom Rom (Base AOSP, LOS, CAF dll) Tanpa Kehilangan TWRP dan Terkena Enkripsi

  1. Masuk ke mode TWRP
  2. Lakukan Wipe dengan pilihan Advance Wipe, kemudian pilih Dalvik Cache, Data, System dan Cache saja.
  3. Flash file rom MIUI yang telah kita download / simpan di memori.
  4. Setelah proses Flash/Instal rom MIUI selesai, jangan reboot smartphone dulu, instal file lazyflasher supaya tidak terkena enkripsi.
  5. Setelah itu, instal juga file TWRP sesuai smartphone yang kita gunakan.
  6. Wipe Cache.
  7. Reboot System.
  8. Done.

Catatan :
  • Rom MIUI tidak memerlukan Gapps, jadi kita tidak perlu instal Gapps.
  • Buat yang kesulitan instal Magisk, saya sarankan gunakan Magisk 19.
  • Step by step ini hanya untuk pengguna yang menggunakan custom rom dan ingin kembali ke stock rom (Rom MIUI)

#2. Cara Update Rom MIUI dari Rom MIUI versi Rendah/Tinggi Tanpa Kehilangan TWRP

  1. Masuk ke mode TWRP.
  2. Instal file rom MIUI yang sudah kita siapkan.
  3. Setelah proses Instal rom MIUI selesai langsung saja instal file TWRP yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  4. Jika sudah, lakukan Wipe dengan pilihan Advance Wipe lalu pilih Dalvik Cache dan Cache saja.
  5. Reboot System.
  6. Done.

Catatan :
  • Tutorial ini dikususkan buat pengguna Xiaomi yang sudah menggunakan rom MIUI dan ingin melakukan Update atau Downgrade tapi tak ingin kehilangan TWRP.
  • Untuk cara root rom MIUI terbaru, saya sarankan gunakan Magisk versi 19.

Sebenarnya, inti dari tutorial ini adalah, setelah kita instal rom MIUI, kita jangan buru - buru reboot system, karena kalau kita sudah reboot system, maka custom recovery/TWRP yang kita pakai akan hilang dan terganti oleh stock recovery Xiaomi. Jadi sebelum kita reboot system, langsung saja instal file TWRP via TWRP yang tengah kita pakai supaya TWRPnya tidak terganti setelah kita reboot system.

Tutorial ini telah saya praktekan di smartphone Xiaomi Redmi 4X saya menggunakan TWRP Orange Fox rom MIUI 10.3 dan berjalan dengan lancar dan 100% aman + terpercaya. TWRP tidak hilang sehingga saya tidak perlu pergi ke warnet buat pasang TWRP hehe (maklum orang miskin g punya PC hehe).

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Cara Instal/Update Rom MIUI Tanpa Kehilangan TWRP atau Terkena Enkripsi ini. Jangan lupa untuk selalu kunjungi portal media kesayanga kita untuk mendapat informasi terbaru seputar dunia modifikasi Android terbaru. Sekian tulisan dari kami, Share jika bermanfaat..