Cara Install ADB dan Fastboot pada PC/Komputer

Cara Instal ADB & Fastboot

Halo sobat? Jumpa lagi dengan portal media masa kini yang membahas semua tentang system operasi Android pada smartphone.

Dalam melakukan modifikasi pada system operasi android, terkadang kita memerlukan tools/software diluar smartphone kita seperti halnya software ADB dan Fastboot.

Apa itu ADB dan Fastboot ?


ADB atau kependekan dari Android Debug Bridge, merupakan software yang membantu dalam mengirim basic Linux Command (perintah dasar linux) dan berbagai command (perintah) khusus Android dari PC ke perangkat Android yang terhubung. Ia bekerja saat perangkat dinyalakan dan boot ke OS atau Recovery.

Fastboot merupakan alat yang bekerja hanya dalam mode bootloader / fastboot.
Hal ini memungkinkan kita untuk re-flash system partisi pada perangkat Android.
Ini sangat berguna apabila kita ingin memperbarui/update rom secara manual atau mengatasi masalah bootloop/softbrick.
Namun dengan catatan kita telah mengunlock bootloadernya.

Dari penjelasan singkat di atas bisa dipahami jika ADB dan Fastboot merupakan dua alat yang sangat penting apabila kita senang melakukan eksperimen atau modifikasi pada smartphone Android.

Biasanya jika kita ingin menginstal ADB dan Fastboot, kita harus mengunduh dan mengatur Android SDK (Jika kita benar-benar ingin belajar tentang Pengembangan Android, saya sangat merekomendasikan untuk mengunduh dan menginstal Android SDK lengkap disini).

Tetapi jika kita ingin menginstal ADB dan Fastboot untuk sekadar proses Flash, Pasang TWRP atau Unlock Bootloader, saya sarankan cukup gunakan Minimal ADB dan Fastboot buatan developmer shimp208 saja.

Hal ini karena, total pemasangan Minimal ADB dan Fastboot berukuran relatif kecil, sekitar 2 MB (Dibandingkan dengan Android SDK Tools berukuran 90+ MB, dan Android SDK ukuran 425+ MB lengkap).

Kelebihan :
  • Mudah dipasang/install.
  • Ringan karena ukurannya hanya 2 MB.
  • Hampir semua OS Windows bisa menjalankan program/software ini.

Cara Install Minimal ADB dan Fastboot pada PC/Komputer :

  1. Download minimal_adb_fastboot_stable_setup.exe
  2. Klik kanan pada file minimal adb dan fastboot tersebut kemudian klik Run As Administrator.
  3. Ikuti istruksinya sampai selesai.
  4. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot.

Menurut saya pribadi, Minimal ADB dan Fastboot buatan developmer shimp208 merupakan tools ADB dan Fastboot paling berguna, stabil dan mudah digunakan khususnya buat yang baru belajar uprek Android. Saya sangat merekomendasikan tools ini dibanding tools ADB dan Fastboot lainnya.

Sekian tulisan dari kami, untuk informasi lebih lanjut mengenai tools Minimal ADB dan Fastboot ini bisa langsung meluncur kesiniShare jika bermanfaat..