Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi

Unlock Bootloader Xiaomi

Kesuksesan Xiaomi dalam pasar smartphone membuat banyak ponsel buatan Xiaomi dijual secara tidak resmi oleh oknum-oknum nakal alias Black Market. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan pihak Xiaomi melakukan penguncian pada Bootloader smartphone Xiaomi keluaran terbaru guna mengurangi penjualan yang tidak resmi. Karena dengan dikuncinya bootloader, pihak Xiaomi bisa melacak keberadaan smartphone tersebut. Meski begitu, Pihak Xiaomi juga masih mengijinkan penggunanya untuk melakukan Unlock Bootloader namun dengan catatan harus meminta izin kepada pihak Xiaomi.


Melakukan Unlock Bootloader atau Membuka Kunci Bootloader merupakan hal yang sangat penting terutama bagi yang hobi melakukan uprek pada smartphonenya. Hal ini dikarenakan bootloader yang terkunci akan membatasi pengguna untuk melakukan rooting ataupun memasang TWRP pada smartphone. Maka dari itu, kita wajib melakukan unlock bootloader terlebih dahulu supaya kita bisa memasang TWRP ataupun melakukan root pada smartphone Xiaomi kita.


Apa sih Bootloader itu?


Bootloader merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengijinkan aplikasi apa saja yang akan di jalankan pertama kali saat ponsel di hidupkan/booting. Bootloader lah yang mengizinkan kita untuk meload system android, masuk ke mode recovery ataupun mode fastboot.


Itulah sebabnya kenapa kita tidak bisa memasang custom recovery, root ataupun melakukan flashing pada smartphone jika bootloadernya masih terkunci. Karena secara default bootloader di setting untuk tidak sembarangan mengizinkan tindakan yang bisa membahayakan smartphone. Oke deh nggak perlu panjang lebar lagi penjelasaanya, berikut ini akan kita jelaskan Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi.


Catatan : Lakukan Backup data - data penting pada smartphone Xiaomi yang akan dilakukan Unlock Bootloader, karena proses ini akan memformat semua data yang ada di ponsel.

Part 1 : Memiliki/Membuat Akun MI

  1. Pertama - tama kita harus memiliki Akun MI, yang bisa kita buat menggunakan smartphone Xiaomi yang akan kita unlock bootloadernya.( Usahakan usia Akun MI sudah berusia seminggu lebih ya ). Tapi kalau sudah punya ya tidak perlu buat lagi, tinggal masuk saja.
  2. Update!, Per bulan Oktober 2018 lalu, Pihak Xiaomi mengumumkan bahwasannya proses Unlock Bootloader tidak lagi memerlukan ijin. Jadi kita tinggal eksekusi menggunakan MI Unlock.

Part 2 : Proses Melakukan Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi Menggunakan MI Unlock Tool


Sebelum memulai proses unlock bootloader, terlebih dahulu kita siapkan :

  • Komputer / Laptop yang telah menggunakan Windows 7/8/10 dan juga koneksi internet yang stabil, entah itu menggunakan modem ataupun wifi.
  • USB / Kabel Data.
  • Download dan Install Android USB Driver All Xiaomi Supaya smartphone kita bisa terdeteksi pada PC / Komputer.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking pada Smartphone kita yang berada di Pengaturan/Setelan > Pengaturan/Setelan Tambahan > Opsi Pengembang. Atau jika pilihan Opsi Pengembang belum muncul di Pengaturan. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Pengaturan/Setelan > Tentang Ponsel / About Phone. Kemudian pada Versi MIUI kita pencet 7 kali hingga muncul tulisan "Sekarang kamu adalah seorang pengembang". Kemudian kita lihat lagi di Pengaturan Tambahan maka disitu akan ada Opsi Pengembang / Developer Option. Jika Opsi Pengembang telah muncul tinggal kita aktifkan saja USB Debugging dan OEM Unlocking.
  • Oh iya, aktifkan juga Aktivasi status MI Unlock. Caranya, buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang > Status MI Unlock > Klik "Tambahkan Akun dan Perangkat". (Pastikan internet terhubung dan menggunakan SIM 1)
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul notifikasi popup "Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang".
  • Download > Ekstrak dan Install MI Unlock Tools pada PC / Komputer Miflash_Unlock.zip

Jika semua bahan - bahan di atas telah terpenuhi, langsung saja kita mulai prosesnya.

  1. Pastikan pada Xiaomi kita telah ter log in Akun MI yang kita gunakan untuk mendaftar unlock bootloader.
  2. Pastikan juga PC / Komputer kita telah terhubung ke internet. Kemudian, buka folder hasil ekstrakan Miflash_Unlock.zip dan jalankan file Miflash_Unlock.exe yang ada di PC / Komputer sebagai Administrator (Run as Administrator).
  3. Pada MI Unlock Tools gunakanlah akun yang sama dengan yang kita gunakan pada ponsel kita.
  4. Matiakan Smartphone, kemudian pencet dan tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan, sampai Xiaomi kita masuk ke Mode Fastboot.
  5. Jika sudah, sambungkan Xiaomi kita ke PC menggunakan USB / Kabel Data.
  6. Pastikan smartphone telah terhubung dan terdeteksi oleh PC.
  7. Setelah terdeteksi oleh PC, Pada MI Unlock Tools kita klik Unlock.
  8. Tunggu beberapa saat sampai muncul status Unlock Succesfully.
  9. Kemudian Klik Reboot Phone.
  10. Selamat kini smartphone Xiaomi kita berhasil Unlock Bootloader, dan sekarang kita sudah bisa memasang Custom Recovery / TWRP maupun melakukan Root.

Dalam beberapa kasus, proses Unlock Bootloader tidak berjalan mulus. Nah, jika temen - temen mengalami kendala seperti yang saya tunjukan di atas, maka solusinya kita tinggal menunggu selama 72 jam atau 3 hari, baru kita coba lakukan unlock pada ponsel Xiaomi kita lagi. Hal ini wajar dan memang sering terjadi, intinya tetap tenang dan sabar ya.
Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat..