Cara Mudah Root Android 9.0 Pie Tanpa PC

Cara Root Android Pie

Android 9.0 atau yang dikenal dengan android Pie, merupakan oprasi sistem android generasi ke 9 dan yang paling baru untuk saat ini. Sistem oprasi android pie didominasi dengan kontrol berbasis gestur (gerakan) yang mana hal tersebut sangat mirip dengan yang digunakan pada Iphone X. Sehingga kita bisa bernavigasi dengan satu tangan saja.

Kelebihan lain dari sistem operasi Android Pie ini adalah batrai smartphone akan terasa lebih awet. Hal ini karena pada sistem operasi Android Pie sudah dibekali dengan AI (kecerdasan buatan) yang ditanamkan pada fitur Adaptive Batteray. Yang mana fitur ini akan bekerja dengan mengamati kebiasaan pengguna dalam menjalankan smartphonenya yang kemudian akan secara otomatis mengatur pengunaan batrai supaya lebih irit.

Namun, meskipun sistem operasi Android Pie termasuk sudah sangat bagus, namun terkadang masih banyak pengguna yang merasa belum puas dan ingin mengcustom sendiri performa ataupun tampilannya. Oleh sebab itu, terlebih dahulu kita harus melakukan rooting pada smartphone Android kita, supaya dalam melakukan customisasi menjadi lancar.

Apa itu Root ?


Root pada smartphone Android merupakan metode yang dilakukan pengguna untuk mendapatkan akses yang lebih luas dan bebas pada smartphone Android. Cara kerja root adalah membypass semua ijin dari OS Android, dengan begitu kita bisa memodifikasi seluruh system OS android tanpa tekecuali.


Keuntungan Root Android Pie

  • Bisa mengcustom tampilan serta performa smartphone sesuai selera.
  • Bisa mengganti rom dengan custom rom.
  • Bisa memasang TWRP untuk melakukan backup data secara menyeluruh.
  • Bisa memasang tweak.

Kekurangan Root Android Pie

  • Pada smartphone - smartphone tertentu akan kehilangan klaim garansi apabila terjadi kerusakan.

Apa benar Android yang sudah di root gampang kena Virus ?


HOAX! Sejauh saya memakai smartphone Android dan hobi utak atik android, Alhamdulillah saya tidak pernah terkena virus. OS Android merupakan OS yang sangat aman. Apalagi sekarang Google (sebagai pengembang Android) terus melakukan update patch keamanan jadi semakin kesini OS Android akan makin aman dan kebal dari virus.

Cara Root Android 9.0 Pie tanpa PC

Dibanding kekurangannya, melakukan root pada Android Pie justru memiliki lebih banyak keuntungan. Apalagi OS Android merupakan OS yang open source jadi sayang kalo nggak diroot. nah buat yang udah nggak sabar buat melakukan root pada android pie, langsung saja ikuti langkah - langkahnya dibawah ini :
  1. Download semua bahan - bahannya dibawah.
  2. Reboot android kita ke mode recovery (TWRP).
  3. Instal/flash Magisk lewat TWRP.
  4. Reboot.
  5. Done, jika proses berjalan dengan lancar akan muncul aplikasi baru bernama Magisk Manager.
Catatan : Jika setelah reboot belum muncul aplikasi Magisk Manager, maka kita bisa menginstalnya secara manual seperti menginstal aplikasi pada umumnya.

Cara Unroot Android Pie 9.0 versi 1

  1. Buka Magisk Manager.
  2. Klik Uninstall/Copot.
  3. Done.

Cara Unroot Android Pie 9.0 versi 2

  1. Download Uninstall Magisk.zip
  2. Masuk ke mode TWRP
  3. Flash/instal Uninstal Magisk.zip
  4. Done.

Bahan - bahan :

Itulah tutorial tentang cara melakukan root pada Android Pie tanpa PC. Tutorial ini telah saya praktekan sendiri dan berhasil pada smartphone Xiaomi Redmi 4X dengan rom Pixel Experience.

Sebelum tulisan ini saya akhiri, saya meminta kebaikan hati kalian (para pembaca) untuk klik iklan di blog ini supaya saya bisa terus dan semangat membagikan update Tips & Trik modifikasi Android terbaru. Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat..